Powered By Blogger

Minggu, 13 Februari 2011

ANTI VIRUS





FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB
Antivirus, Konsep dan Pengertiannya
1
A
Pengertian Anti Virus
    Anti virus adalah program yang dapat menangkap, mengidentifikasi dan menghancurkan virus. Program antivirus terbagi 3, yaitu:
a. Fix
    Sebuah program yang dapat mendeteksi dan menghancurkan hanya satu virus. Harus dijalankan terlebih dahulu kemudian program akan mencari dan menghapus virus tertentu. Contohnya : Fixnimda (dari NAV), FixCodered (dari NAV), dll.
b. Antidot
    Sebuah program yang dapat menangkap, mendeteksi beberapa jenis virus dan menghapusnya. Sama seperti program fix, harus dijalankan terlebih dahulu kemudian akan mencari file yang terinfeksi maupun file virus tertentu Contohnya : Wedash Anti Dot 2004.
ANTIVIRUS   Konsep dan Pengertianya


c. Antivirus
    Sebuah program yang dapat menangkap, mendeteksi dan menghapus banyak jenis virus. Dapat otomatis menangkap file yang terinfeksi dan menghapusnya. Contohnya : Norton Antivirus, McAfee Antivirus.
Konsep Membuat Antivirus 
    Untuk membuat sebuah antivirus, posisikan diri anda sementara bukan sebagai programmer terlebih dahulu tapi sebagai seorang Polisi atau dokter. HAH?Cara macam apa lagi tuh mas??? Iya pokoknya ikuti dulu deh ntar pasti setelah membaca jadi mengerti kok, okeh!!! 
    Untuk dapat memahami suatu penyakit seorang dokter harus tahu bagaimana penyakit tersebut menular dengan cara apa, merusak jaringan syaraf yang mana, atau akan berakibat buruk pada anggota tubuh yang mana..tul gak? Baru dia dapat membuat obatnya. Okeh langsung kita masuk ke contohnya aja yah. Misalnya anda seorang dokter dan menemukan sebuah virus Influensa. Anggap juga anda belum tahu virus influensa itu menular dari mana, berakibat buruk ke anggota tubuh yang mana dan mempengaruhi jaringan syaraf yang mana juga. Otomatis anda akan meminta seorang sukarelawan untuk percobaan virus tersebut. Tapi kalo gak ada sukarelawan
Gimana dong mas   ?.....  Hmm.. ya mau  gak  mau virustersebut harus dicoba di badan anda sendiri..hihihihihi… Nah setelah anda menemukan sukarelawan (mm.. sebut saja namanya Sukro) otomatis anda akan memasukkan virus influensa tersebut ke dalam badan si sukarelawan.


Antivirus, Konsep dan Pengertiannya 2
No.1

.
    Wadoh…si Sukro tiba – tiba meler (ingusan), bersin bersin dan badannya meriang. Jangan panik jangan panik… sekali lagi anda seorang dokter di sini. Anda mencatat dan mengamati kondisi si Sukro. Ternyata virus influensa menyerang saluran pernafasan, makanya hidung si sukarelawan belepotan dengan ingus. Virus influensa juga menyerang sistem kekebalan tubuh, makanya badan si Sukro lemas, panas dan meriang. Huatchim… HuaSyimmmm!!!! Tiba – tiba anda bersin – bersin. Wadooohhh ada apa ini. Ternyata virus tersebut menular lewat udara. Jadi ketika si Sukro bersin – bersin dan berbicara, anda menghirup kuman yang tersebar di udara.   Sekali lagi jangan panik. Anda ikutan menggigil, meriang dan batuk – batuk. Setelah anda mengetahui tanda –tanda tersebut anda meramu sebuah obat, yang diambil dari akar rumput liar, kuning telur dan satu kantung lada. Anda tumbuk bahan tersebut kemudian direbus. Dan anda meminum ramuan tersebut. Huahhhh!!!! Ternyata anda tambah bersin – bersin dan meriang. Anda tidak menyerah, sebagai seorang dokter yang ternama anda terus mencoba menemukan obat virus influensa.
                                                                                                                                        No.2                          


 












    Ramuannya anda ganti, menjadi akar lengkuas, putih telur dan jahe. Setelah anda tumbuk, anda rebus bahan – bahannya, air rebusan tersebut anda minum …. HOREEEEEE!!! ternyata anda sembuh, langsung deh anda minumkan ramuan tersebut kepada si Sukro yang sudah sekarat karena virus influensa tadi dan ternyata sembuh juga. Wuahhh seneng sekali, akhirnya anda menemukan obat virus influensa.  Cerita di atas jika dihubungkan dengan pembuatan antivirus hampir sama, coba kita lihat. Anda seorang programmer yang sangat tahu tentang sistem komputer. Suatu hari anda menemukan virus komputer. Mau tidak mau anda mencari komputer sukarelawan kan, sebut saja anda meminjam komputer si Sukro tadi. Anda langsung mengcopy file virus yang ditemukan tadi dan langsung menjalankannya di komputer si Sukro. Wadoh… Sukro mencak – mencak karena komputernya ternyata dijadikan bahan percobaan virus. “Tenang Sukro jangan panik, kamu tahu reputasi saya kan… saya adalah programmer yang tau banyak tentang sistem komputer, tenang yah.” , begitu sahut anda. Kemudian anda mencoba menjalankan program regedit, wadoh ternyata tidak bisa. Malah muncul gambar sbb:  
Gambar 1.1Pesan Blok Regedit di Komputer Sukro
No.3


    Ternyata virus mem- blok aplikasi regedit. Kemudian anda menjalankan msconfig, wadoh ternyata tidak bisa juga. Anda meng-klik suatu folder, loh kok malah ke folder My Documents, padahal anda mengklik folder bernama Windows. Oke kalo gitu, anda mencoba melihat Folder Option-nya di Windows Explorer pada menu tools, LOH..KOK NGGAK ADA NEH???
Gambar 1.2 Folder Option di Kompie Sukro gak kliatan euy
  No.4












    Kemudian di tiap folder komputer si Sukro, ada file berekstensi .exe dengan nama file sama dengan folder yang ada dan mempunyai icon direktori berwarna kuning seperti pada gambar berikut ini:


Gambar 1.3 Folder yang berubah menjadi kelinci…eh berubah
 menjadi file berekstensi exe maksudnya (garing ih mas-nyah!!)
    Wah .. wah .. wah, anda mencatat semua akibat yang ditimbulkan oleh virus di komputer si Sukro, mulai dari manipulasi regedit, manipulasi file, manipulasi msconfig, Menu Folder Options dan lain – lain. Setelah anda mencatat anda membuat program pembersih untuk virus tersebut, karena hanya untuk membersihkan satu virus, program tersebut anda beri nama Antidot. Siang – malam anda di depan komputer, mencoba meramu program untuk memecahkan teka – teki.virus tersebut.
 No.5


     Akhirnya malam ke-3, program antidot anda jadi. Dengan semangat yang tinggi anda mendatangi rumah Sukro. Sukro tertidur pulas karena stress memikirkan data skripsi yang hilang karena percobaan virus. Anda menjalankan program antidot yang telah anda buat di komputer Sukro….HOERAAAAAAAAAA!!!!! berhasiil ll, data skripsi Sukro yang hilang akhirnya kembali semua. Sukro terbangun, kaget melihat anda meloncat kegirangan dan berteriak – teriak. “Eh Sukro, ini data skripsimu kembali semua nih…” kata anda. Sukro melihat ke layar monitor dan melonjak kegirangan. “Huaaaa!!!!Mak akhirnya Sukro bisa lulus tahun ini….”, Sukro kegirangan sampai tidak sengaja menumpahkan air putih yang ada di meja komputer. Air putih tadi langsung menyiram komputer Sukro yang ternyata tidak dilindungi oleh casing. UPSSS!!!!…sampai disini saja ceritanya. Ini buku komputer mas.. bukan cerita pendek. 
        Nah paling tidak seperti itulah kalau memang anda benar – benar mau membuat antivirus. Jadi posisikan diri anda untuk sementara menjadi dokter, bukan sebagai programmer. Sebenarnya ada beberapa hal penting yang dapat dipetik dari cerita tadi, tentunya yang berhubungan dengan pembuatan antivirus lah…

No.6

SELAMAT MENCOBA….  

*GOOD LUCK*
By : Langit Nur Adi Isnin Rahmani ( Denny )

14 komentar: